Gunakan ‘Shadow Team,’ Abdul Fikri Faqih Nilai Nadiem Makarim Rendahkan SDM Kemendikbud Ristek

    Gunakan ‘Shadow Team,’ Abdul Fikri Faqih Nilai Nadiem Makarim Rendahkan SDM Kemendikbud Ristek
    Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih

    JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih merespon tim bayangan atau shadow team yang diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di forum PBB. Dirinya menilai, apa yang disampaikan Nadiem merendahkan sumber daya manusia (SDM) Kemendikbud Ristek.   

    “Frasa/term ‘shadow organization’ dalam penjelasan Nadiem di forum tersebut sangat berlebihan dan merendahkan SDM yang ada di Kemendikbud, sehingga perlu ada penjelasan resmi ke Komisi X, terkait peran, fungsi, dan anggarannya dalam SOTK kemendikbudristek, ” tegas Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dalam keterangan pers yang diterima media, Selasa (27/9/2022).   

    Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah IX ini menilai, secara internal Kemendikbud Ristek, dalam hal ini Inspektorat, perlu mengaudit sejauh mana sistem kerja dan peran tim shadow Menteri Nadiem, terutama dalam penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran. Sebab dalam statement Nadiem, ketua tim shadow setara dengan Direktur Jenderal (Dirjen).   

    “Dalam konteks akselerasi transformasi teknologi dalam dunia pendidikan, Komisi X dalam posisi selalu mendukung. Hanya saja perlu ‘roadmap’ yang jelas karena kebijakan pendidikan menyangkut masa depan bangsa, penggunaan teknologi adalah tools daya dukungnya, ” jelas Fikri.   

    Bahkan, kata Fikri, Komisi X sudah lama merekomendasi Kemendikbud Ristek untuk membuat peta jalan pendidikan, yang sampai saat ini belum juga ada.

    “Jika Nadiem merasa percaya diri dengan apa yang dipaparkan di forum internasional tersebut, maka mulailah membuka diri untuk berdialog dan berkomunikasi langsung dengan berbagai elemen pemangku kepentingan pendidikan yang ada di dalam negeri, ” tutup Fikri tegas. (hal/sf)

    abdul fikri faqih pks dpr ri komisi x nadiem makarim pbb sotk
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Alien Mus Pertanyakan Komitmen ANTAM Cegah...

    Artikel Berikutnya

    2022 Land Rover Defender - Capable and Utility

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Produktivitas Pemuda Indonesia: Tantangan NEET dan Daya Saing Gen Z
    Pengawas Pendidikan Segeri Achmad Petta Hajo Lolos  Mahasiswa S3 di UNM
    Peduli Terhadap Korban Bencana Kebakaran,  SMK 1 Pangkep Berikan Bantuan Sembako dan Uang
    Wakil Bupati Pangkep Pembina Upacara Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana di SMK 1 Pangkep
    IAI Diniyyah Pekanbaru Bahas Kerjasama dengan BRK

    Ikuti Kami