Pelajar Indonesia Torehkan Prestasi di Ajang IChO 2021 Osaka Jepang

Pelajar Indonesia Torehkan Prestasi di Ajang IChO 2021 Osaka Jepang

JAKARTA - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, pelajar Indonesia tidak berhenti menorehkan prestasi anak bangsa di ajang kompetisi Internasional dengan meraih empat medali di International Chemistry Olympiad (IChO) 2021.

Ajang yang diikuti oleh 79 negara itu berlangsung di Osaka, Jepang pada tanggal 23 Juli sampai 2 Agustus 2021, dan dilaksanakan secara daring (remote access exam) melalui aplikasi Zoom dan platform OlyExam.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asep Sukmayadi, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi dan kerja keras tim Indonesia meraih medali di ajang internasional yang telah berlangsung sejak 1968 tersebut.

“Kami bangga kepada para pelajar yang telah berjuang dalam ajang International Chemistry Olympiad (IChO) 2021 dengan jerih payah yang sudah dilakukan hingga mendapatkan medali ini. Semoga ke depan akan terus menghasilkan prestasi yang cemerlang bagi Indonesia, ” ujar Asep Sukmayadi di Jakarta, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Ia menyampaikan, bahwa Tim IChO Indonesia terdiri atas empat pelajar, yakni Faatih Regind Qashash Roman (SMAN 03 Semarang) berhasil meraih medali perak. Kemudian, Kevin Lius Bong (SMAK Petra 1 Surabaya), Hanif Muhammad Zhafran (MAN Insan Cendekia Serpong) dan Nathanael Reza Putra Widjaja (SMA Yakobus Jakarta) masing-masing berhasil meraih medali perunggu.

Menurut Asep, Tim IChO Indonesia telah dibimbing oleh para mentor sejak 23 Juli 2021, diawali dengan adanya pertemuan antara para mentor dengan Scientific Committee IChO Jepang 2021 dan IChO Steering Committee.

“Terdapat tiga mentor dari Indonesia yang berasal dari Program Studi Kimia, FMIPA-ITB, yaitu Dr. Deana Wahyuningrum (Head Mentor), Dr. Fainan Failamani (Mentor) dan Dr. Irma Mulyani (Scientific Observer), serta dibantu oleh empat orang Invigilators (pengawas), yaitu Azis Adharis, Ph.D dari Program Studi Kimia Universitas Pertamina (mengawas di Jakarta), Dr. Arie Hardian dari Program Studi Kimia Universitas Jenderal Achmad Yani (mengawas di Bandung), Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si. dari Program Studi Kimia Universitas Diponegoro (mengawas di Semarang) dan Fatiha Khairunnisa, S.Si., M.Si. dari Program Studi Kimia Universitas Airlangga (mengawas di Surabaya), ” pungkasnya.

Pelaksanaan remote exam IChO 2021 atau ujian tertulis bagi peserta dilaksanakan pada Rabu, 28 Juli 2021, pukul 14.00 sampai 19.00 WIB. Pelaksanaan ujian tertulis tersebut diselenggarakan di empat lokasi berbeda sesuai dengan domisili peserta, yaitu Bandung, Semarang, Jakarta, dan Surabaya. (***)

IChO 2021 OSAKA JEPAN
Update

Update

Previous Article

Menkeu Sri Mulyani Indrawati: Subsidi Kuota...

Next Article

Nadiem: Kemendikbudristek Kembali Beri Bantuan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Ratna Palupi

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 8

Registered: Mar 5, 2021

Yudi hutriwinata

Yudi hutriwinata

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Aug 3, 2021

Narsono Son

Narsono Son

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Sep 29, 2020

Agung Libas

Agung Libas

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 10

Registered: Apr 8, 2021

Profle

Agung Libas

Kepala Yayasan SMK Bahrul Ulum Rebang Tangkas, Lepas Peserta Prakerin Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura
Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka Perpusnas Tahun 2021 Daraih Kabupaten Lambar
Minigold Jadi Hadiah Menarik
Gladi Tangguh Saka Bhayangkarara Angkatan IX Polsek Ajibarang

Follow Us

Recommended Posts

Kodim Purbalingga Turut Amankan Kunjungan  RI-1 di Cilacap
Pembangunan RTLH TMMD di Purbalingga
Anak-anak di Purbalingga Mulai Diprioritaskan Vaksinasi
Klaster Sekolah, Siswa di Purbalingga Dirapid Test Antigen
90 Siswa SMP Negeri 4 Mrebet Purbalingga Dikarantina di Sekolah