Kunjungan Edukatif SMK Eklesia Jailolo ke Pabrik PT Dewa Agricoco Indonesia

    Kunjungan Edukatif SMK Eklesia Jailolo ke Pabrik PT Dewa Agricoco Indonesia

    HALBAR - PT Dewa Agricoco Indonesia (Dewacoco) menyambut kunjungan industri dari siswa dan guru SMK Eklesia Jailolo, yang berada di bawah naungan Yayasan Gema Eklesia Maluku Utara pada Rabu, 8 Mei 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari program studi lapangan yang bertujuan untuk mengenalkan dunia industri kepada para siswa. Sebanyak 25 siswa dan 5 guru pendamping turut serta dalam kegiatan ini.

    Para tamu dari SMK Eklesia Jailolo diterima oleh Tim Human Capital kemudian untuk tour pabrik didampingin oleh Rino M Pesik, selaku Supervisor Humas & K3. Mereka berkumpul di area akomodasi karyawan Dewacoco  Indonesia, tempat di mana sesi pengarahan awal dilakukan. Selama kunjungan, siswa-siswa tersebut diberikan penjelasan mendetail mengenai proses manufaktur di pabrik kelapa Dewacoco yang dipimpin oleh Budi Arisandi, selaku Manager Produksi & PPIC. Ini termasuk pengenalan pada berbagai tahapan produksi yang krusial.

    Kunjungan tersebut juga mencakup tur keliling pabrik, di mana siswa-siswa memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai area penting, seperti area opening, area gasifikasi, serta area WWTP (Waste Water Treatment Plant). Mereka juga diajak menjelajahi area akomodasi, yang merupakan fasilitas pendukung bagi para karyawan pabrik.

    Salah satu siswa, Rahayu M. Soleman, memberikan kesan positif setelah berkunjung ke Dewacoco dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang pengolahan kelapa. "Sesampai di rumah, saya akan menyampaikan kepada keluarga untuk bisa menjual kelapa kepada Dewacoco, " lanjut Rahayu.

    Salah satu Pendamping siswa Hendrik mengatakan mewakili kepala sekolah ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada sekolah kami, terutama kepada siswa-siswa kami yang telah diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan dan studi tur di perusahaan Dewacoco. Kami sangat berterima kasih atas penerimaan hangat yang diberikan, yang memungkinkan kami untuk mengenal lebih dekat kegiatan dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini.

    “Kesan kami sangat positif, terutama berharap bahwa perusahaan ini dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi masyarakat atau petani kelapa yang berada di sekitar Kabupaten Halmahera Barat. Sebagai informasi, orang tua saya juga merupakan petani kelapa, dan sepengetahuan kami, selama ini kelapa hanya diolah menjadi satu jenis produk yaitu kopra. Namun, dengan keberadaan perusahaan ini, ternyata sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat meningkatkan pendapatan, terutama di saat harga kopra yang cenderung fluktuatif” lanjut Hendrik.

    Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan praktis tentang bagaimana industri kelapa bekerja, tetapi juga memberi inspirasi kepada para siswa tentang potensi karier di sektor industri. Kunjungan semacam ini diharapkan dapat memperkuat link dan match antara dunia pendidikan dan industri, yang merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. (HK)

    dewacoco halbar smk studitur
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Menanggapi Kesenjangan Keterampilan: Kolaborasi...

    Artikel Berikutnya

    Tinjauan Aturan Pajak Barang dan Jasa Tertentu...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Produktivitas Pemuda Indonesia: Tantangan NEET dan Daya Saing Gen Z
    Pengawas Pendidikan Segeri Achmad Petta Hajo Lolos  Mahasiswa S3 di UNM
    Peduli Terhadap Korban Bencana Kebakaran,  SMK 1 Pangkep Berikan Bantuan Sembako dan Uang
    Wakil Bupati Pangkep Pembina Upacara Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana di SMK 1 Pangkep
    IAI Diniyyah Pekanbaru Bahas Kerjasama dengan BRK

    Ikuti Kami