Perkenalkan Energi Terbarukan Universitas Mercu Buana Gandeng Perguruan Tinggi Luar Negeri Instal PLTS di Sekolah Alam Indonesia

    Perkenalkan Energi Terbarukan Universitas Mercu Buana Gandeng Perguruan Tinggi Luar Negeri Instal PLTS di Sekolah Alam Indonesia

    JAKARTA - Dukung program pemerintah Indonesia dan dunia yang berkomitmen untuk menurunkan emisi Gas rumah kaca, dimana sekitar 42% disumbangkan oleh konsumsi bahan bakar pembangkit listrik baik itu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik tenaga Diesel (PLTD), Universitas Mercu Buana (UMB) gandeng perguruan tinggi luar negeri laksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam memperkenalkan energi terbarukan.

    Inisiatif PKM Internasional ini diwujudkan dalam bentuk penerapan teknologi energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

    Pemasangan PLTS dilaksanakan di Sekolah Alam Indonesia, Depok, Jawa Barat yang dikepalai oleh M. Irfan Fauzi.

    Universitas Mercu Buana dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggandeng universitas luar negeri diantaranya Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). 

    Kegiatan pengabdian ini mengambil tajuk besar yaitu “Hybrid Power Generation” yang dilaksanakan melalui 2 jenis kegiatan yaitu kegiatan pemasangan PLTS dan Webinar online pada Rabu, 05 Juli 2023 lalu.

    Kegiatan webinar menghadirkan banyak pakar Seperti Dr. Abdul Hamid (UTHM), Assoc. Prof. Dr. Siti Aishah Binti Hasbullah (UKM), Prof. Dr. Chandrasa Soekardi (UMB) dan beberapa Dosen Universitas Mercu Buana seperti Prof. Dr. Usman Sudjadi, Sagir Alva, Ph.D, Dafit Feriyanto, Ph.D, Muhamad Fitri, Ph.D, Dr. Eng. Imam Hidayat, Andi Firdaus Sudarma, M.Sc., Hadi Pranoto, Ph.D, Dr. Haftirman, Dr. Rita Sundari, Alfian Noviyanto, Ph.D dan Nurato, MT. 

    "Harapan Utama dari kegiatan ini adalah mengenalkan pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan seperti air, angin, Surya, panas bumi, gelombang air laut dan biomassa kepada para siswa sekolah alam indonesia dan masyarakat serta mahasiswa, " harap Rektor UMB Prof. Dr. Andi Adriansyah, M.Eng.

    universitas mercu buana umb
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Sebelum Jadi Caleg, Kau Dengar Dulu Politik...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kemah Bakti Pramuka SMK Ma'arif NU 2 Karanglewas 
    Pengurus Sako Pramuka Ma'arif NU Kecamatan Karanglewas Dilantik
    Jelang Pilkada 2024, Komunitas Squad Dragon  Black For MYL- ARA Gelar Rapat Kerja
    Hak Pendidikan dalam UUD 1945: Kewajiban Negara dalam Menjamin Akses dan Kualitas Pendidikan bagi Warga Negara Indonesia
    Akumulasi Kekecewaan Mahasiswa: Protes Kenaikan UKT dan Kualitas Pendidikan di PTN

    Ikuti Kami