Wakil Gubernur Gorontalo Pimpin Langsung Evaluasi Kinerja Pelaksanaan APBN Dan APBD

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartagorontalo.com : Gorontalo - Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pelaksanaan Anggaran Triwulan II tahun 2018 (13/07). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun sinergi antara pusat dan daerah serta meningkatkan kerja sama dalam mengawal usaha pencapaian program dan sasaran pembangunan di Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang berjalan rutin setiap triwulan ini dilaksanakan di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo. Rekorev dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur, Idris Rahim, dihadiri oleh Asisten II, Staf Ahli, Walikota/Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Bapeda, BKD Kota/Kabupaten dan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo serta instansi vertikal.

Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi, Wahyudin Katili, dalam pemaparannya menyampaikan progres penyerapan anggaran APBD se Propinsi Gorontalo 33,65%, sementara progres fisik mencapai  43,38% data ini diperoleh dari aplikasi e-monev. Wahyudin menyampaikan juga beberapa hal yang harus jadi perhatian bagi OPD yang belum mencapai target. Kakanwil Ditjen Perbendaharaan, Ismed Saputra, menyampaikan kinerja penyerapan dan evaluasi pelaksanaan APBN termasuk kinerja penyaluran dan penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa. Penyerapan APBN di Propinsi Gorontalo dari total Pagu 5,7 T sampai semester I telah terealisasi 33,5 %. Dari total pagu DAK Fisik sebesar 941,38 M, pagu yang dialokasikan pada tahap pertama sebesar 222,1 M telah terealisasi sebesar 210,18 atau sebesat 89,6%. Untuk DAK Fisik masih ada waktu hingga 23 Juli untuk diselesaikan. Sementara Dana Desa total pagu 536,4 M, untuk tahap dua telah terealisasi 321,92 M. Ismed Saputra,  menegaskan kembali agar segera merekam data kontrak pada aplikasi OMSPAN dengan tepat waktu. Hal ini bertujuan agar anggaran DAK Fisik tidak menjadi hangus. Adapun bagi pemda yang masih tersisa Dana Desa pada Kas Daerah agar segera disalurkan ke Kas Desa.

Menutup akhir kegiatan, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, meminta penjelasan dari Bupati/Walikota dan OPD terkait yang penyerapan keuangan dan fisiknya belum mencapai target. Idris Rahim, menyampaikan rekomendasi agar alokasi DAK Fisik dan Dana Desa menjadi perhatian serius bagi pimpinan OPD terutama jangan sampai dana yang ada menjadi hangus. Disamping itu, segera ditindaklanjuti dengan rapat teknis untuk menyelesaikan permasalahan dalam kinerja penyerapan anggaran.

Sore harinya dilakukan press conference di ruang rapat Mohuyula Kanwil DJPB Gorontalo, yang diikuti media cetak dan elektronik. Awak media yang hadir mengikuti serius materi yang di paparkan Kakanwil Djpb Prop. Gorontalo, Ismed Saputra, dan Kepala Biro P2E Setda Prop. Gorontalo, Wahyudin A Katili. Hadir diantaranya TVRI Gorontalo, Mimoza TV, Kompas TV, Gorontalo Post, Radar gorontalo, RRi,  Journalist Indonesiasatu.co.id. dan media online lainnya.

  • Whatsapp

Index Berita