Wabup Atos Pratama, Walinagari Peserta FGD Inovasi Nagari Digital Mewujudkan Masyarakat Madani. 

WARTASUMBAR.COM : Wujudkan percepatan pembangunan di nagari, sebanyak 28 Walinagari di Kabupaten Pasaman masuk kampus, tepatnya ke Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang, Jumat (23/3). 

Kedatangan para walinagari ini untuk belajar dan menimba ilmu tentang inovasi nagari digital guna mewujudkan masyarakat madani dari para profesor disalah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Panitia Pelaksana, Prof, Dr, Eng, Gunawarman menyampaikan, pihaknya sengaja mengundang para walinagari di kabupaten itu datang ke kampus tersebut untuk berdiskusi tentang pentingnya mewujudkan nagari digital.

"Kita menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan para walinagari, fokusnya membahas Inovasi nagari digital untuk mewujudkan masyarakat madani. Ini acara perdana yang kita laksanakan. Ini inisiatif pak dekan. Beliau sangat peduli akan kemajuan nagari dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan ke daerah," ujarnya. 

Sementara Dekan Fakultas Teknik Unand, Ir, Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D mengatakan, bahwa perguruan tinggi sangat peduli akan pembangunan di nagari guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Bahkan, kata dia, pihaknya siap sedia untuk membantu nagari menuju nagari digital.

"Perguruan Tinggi harus memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi nagari. Kita berkumpul disini, didasari tata kelola pemerintahan kini tengah bergerak maju. Jadi, untuk mendukung itu perlu inovasi, salah satunya mewujudkan nagari digital," ujarnya.

Kegiatan itu, kata dia, bagian dari pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat. FGD dengan walinagari, tambah Dekan ini akan bergulir diseluruh kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Barat dan Fakultas Teknik itu sebagai penyelenggaranya.

Dalam paparannya, Insannul Kamil meminta Pemkab Pasaman menyiapkan pembentukan nagari pintar ini. Salah satunya dengan menyediakan anggaran untuk menyiapkan seluruh data base potensi nagari berbentuk digital.

"Kita juga mendorong nagari menyiapkan data digital dan taman kota, untuk fasilitas masyarakat berinternet ria. Nagari digital itu dijalankan oleh lembaga dalam hal ini BUMNag," imbuhnya. 

Nagari digital itu nanti, kata dia, akan membuat nagari semakin kreatif, inovatif, efektif dan produktif. Dengan itu, nagari akan terintegrasi dan berkelanjutan. 

"Tapi, untuk mewujudkan itu, perlu melakukan kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga litbang perguruan tinggi serta media. Dampak media ini sangat penting untuk memajukan potensi di nagari," ujarnya. 

Sementara Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menyambut baik undangan Fakultas Teknik Unand tersebut. Dikatakan, Pemkab Pasaman selalu berupaya melakukan percepatan pembangunan nagari dari segala bidang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat perlu dilakukan inovasi dan komitmen bersama. Dengan adanya inovasi sudah pasti dapat menjadikan nagari ini semakin baik, salah satunya inovasi nagari digital ini," ujarnya.

Pemanfaatan potensi nagari secara digitalisasi ini, kata Wabup, harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dikatakan, lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadikan nagari sebagai garda terdepan dalam meningkatkan pembangunan di nagari.

"Kita akan terapkan ini untuk kemajuan di nagari dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Inovasi harus melibatkan segenap unsur nagari. Untuk itu, ilmu dari para profesor ini perlu kita gali, kita terapkan demi memajukan nagari di Pasaman," ujarnya.

Untuk memajukan daerah itu, kata dia, Pemkab Pasaman akan melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi. Selain menggali potensi di daerah, Perguruan tinggi diharapkan menjadi motor penggerak inovasi bagi daerah. 

"Kita akan jalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi, salah satunya Unand. Diharapkan dengan adanya inovasi ini di nagari akan dapat menuju masyarakat madani di Pasaman," katanya.

Turut hadir, Direktur NDC-Unand, Dr, Ir, Eri Gas Ekaputra, Direktur Politeknik Unand, Surya Yondri, ST, M.Kom, Staf Ahli Desrizal, Kadis Kominfo Anasrullah, Kadis DPM M Ikhsan, Kabag Pemnag M Yasrin Saputra, Kabag Humas Delsi Syafei serta para walinagari.(hms/anto)

 

Berita Terbaru

Index Berita