UIN Sumatera Utara-Tanoto Foundation Sinergi Tingkatkan Mutu Madrasah

INDONESIASATU.CO.ID:

Medan, Sumatera Utara – UIN Sumatera Utara (UINSU) dan Tanoto Foundation bekerja sama menciptakan calon guru profesional dengan meningkatkan mutu perkuliahan yang lebih menekankan praktik. Termasuk bersinergi dalam meningkatkan mutu madrasah yang menjadi tempat praktik mengajar mahasiswa. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan oleh Rektor UINSU, Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag dengan Direktur Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation, Stuart Weston di Medan, Rabu (29/8/2018). 

“Kerja sama selama tiga tahun ini akan mendorong lebih banyak praktik yang baik dari dosen sebagai contoh mengajar yang baik bagi mahasiswa. Selain itu, salah satu fokusnya adalah menyiapkan sekolah dan madrasah mitra LPTK untuk terus berinovasi dan bersinergi untuk mencetak calon guru yang kompetitif dan adaptif,” kata Stuart Weston.

Menurut Rektor UINSU, Prof Saidurrahman kerja sama ini akan  membantu UINSU, khususnya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Sumatera Utara. "Saya berharap kerja sama ini tidak hanya tiga tahun dan perlu diimplementasikan secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu madrasah," tukasnya.

Program utama dari kerja sama ini menurut Ajar Budi Kuncoro, Head of Teacher Training Institute Development Tanoto Foundation adalah mempersiapkan calon guru untuk menjadi pendidik yang profesional. “Strateginya dengan mengintegrasikan antara teori dan praktik, memperbanyak praktik-praktik yang baik dalam kelembagaan maupun di madrasah mitra LPTK,” kata Budi. 

Bentuk kegiatan dilakukan secara sinergi antara UINSU dan Tanoto Foundation dengan berfokus pada pengembangan bahan ajar dan kurikulum, implementasi perkuliahan aktif dan manajemen madrasah, penelitian tindakan kelas, pengembangan jurnal ilmiah, pengembangan madrasah praktikum, serta literasi. 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita