Tak Kunjung Cair, Tunjangan Profesi Guru TK di Pasaman

syafrianto, 14 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Tunjangan Profesi Guru (TPG) puluhan guru Taman kanak-kanak (TK) dan pengawas sekolah TK, SD,  dan SLTP di Kabupaten Pasaman pada triwulan IV (Oktober-Desember) tahun 2019 tak kunjung cair.

"Ya benar,  hari ini kami dari keterwakilan guru TK dan rombongan datang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman ini dalam rangka mempertanyakan mengapa tunjangan sertifikasi kami pada triwulan IV tahun 2019 selama 3 bulan belum juga cair," ujar Kepala TK PGRI Rao Afnidawati bersama rombongan lainnya kepada indonesiasatu.co.id, Senin (13/01/2020).

Selanjutnya, kata dia, saat ini hanya guru TK dan prngawas TK, SD, dan SLTP yang belum cair tunjangan sertifikasinya.  Pada hal, sebagaian guru yang lain seperti guru SD, dan SMP sudah keluar dana sertifikasinya. "Sementara kami hanya bersabar menunggu," keluh Afnidawati.

Biasanya, kata Afnidawati, pembayaran  tunjangan sertifikasi guru pada triwulan IV, setiap minggu ke tiga Desember sudah cair dananya, namun hingga kini dana sertifikasi kami itu belum juga cair," ungkapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padaman, Ali Yusri melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan, Muslim Munir mengatakan, terkait keterlambatan pencairan dana serifikasi itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dirjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud). Dan Dirjen Kementerian pun juga sudah meminta kita, agar segera memasukkan data Carry Over anggaran bagi guru dan pengawas yang belum keluar sertifikasinya itu. 

Kata Muslim Munir, adapun jumlah tunjangan sertifikasi yang belum dibayarkan itu adalah, 82 orang untuk guru TK, dan 45 orang pengawas TK, SD, dan SLTP. 

"Dana sertifikasi harus dimasukkan dalam recont, sebab dana sertifikasi yang turun kemarin tidak tercantum dalam DPA. Jadi kita mengalami kekurangan dana sebesar Rp. 1,3 miliar, termasuk serifikasi untuk guru TK dan pengawas itu," katanya.

Di mana Carry Over atau kurang bayar sendiri merupakan proses pembayaran dana TPG yang belum terbayarkan pada tahun sebelumnya. 

"Kita berharap, dana sertifikasi guru TK dan pengawas itu bisa dibayarkan pada bulan Januari 2020 ini. Dan diharapkan kepada guru yang belum menerima sertifikasi ini, agar bersabar terlebih dahulu,  menjelang pengurusan ke pemerintah pusat itu selesai," harapnya. 

Editor: Anto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu