Proyek DAK Rp 286 Juta di SDI Sanrangan Belum Rampung

indonesiasatu, 15 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

GOWA- SD Inpres Sanrangan, yang terletak di jalan Poros Benteng Somba Opu, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 yaitu rehabilitas ruang kelas sebanyak 3 ruang kelas beserta dengan perabotnya sebesar Rp.286 juta.

Tetapi sangat disayangkan pekerjaan itu belum rampung, nampak pada plafon masih kelihatan rangkanya belum tertutup.

Menurut tukang yang kerja rehab kelas itu, pernah 1 bulan tidak pernah ada bahannya, jadi mogok kerja.Dia tidak tahu, kenapa tidak ada barang.

"Tetapi ini, tinggal plafonnya saja dikerja, jadi bisa cepat selesai," ujarnya kepada Jurnalis INDONESIASATU.CO.ID pada (9/1)

Kepala SDI Sanrangan, Abd Musakkir, yang hendak dikonfirmasi dan berulang kali didatangi ke sekolahnya, tidak pernah ada ditempat.

Salah satu guru yang juga berjualan di sekolah itu, Tayu, menyampaikan kepala sekolah itu datangnya biasa kalau tidak pagi, dia datangnya siang.

"Kalau tidak siang, biasa datangnya sore," ungkapnya kepada JIS, saat dipertanyakan kemana kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa,Dr Salam, yang dimintai tanggapannya terkait kegiatan DAK yang dikerjakan swakelola oleh pihak SDI Sanrangan, yang belum rampung di bulan Januari ini.

Ia mengatakan pekerjaan rehab itu waktu pelaksanaanya 120 hari kalender dan tergantung dari pencairan dana DAK di setiap sekolah.

"Hitungannya itu, 120 hari, sejak cair dananya, disitu baru terhitung pekerjaannya, bahkan ada yang baru cair pada bulan November, jadi hitungannya juga pada November," jelas Salam, Selasa (14/1/20)

Jadi memang pekerjaannya itu menyeberang ke tahun 2020, dan akan berakhir pekerjaanya pada Januari 2020.

Ia juga menambahkan untuk sekolah yang ada di Kabupaten Gowa, yang mendapatkan bantuan DAK itu ada 132 sekolah.

"Dan yang belum selesai pekerjaannya, ada 12 sekolah, dan pekerjaanya itu menyeberang ke tahun 2020," terangnya.

Semua proyek pekerjaan dana DAK 2019, dipantau dan diawasi langsung oleh TP4D dari Kejaksaan Negeri Gowa dan Inspektorat.(Shanty)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu