Kerjasama dengan Pemkab Mojokerto, LPBINU Salurkan Air Bersih

INDONESIASATU.CO.ID:

MOJOKERTO - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

“Kebutuhan air bersih di Desa Kunjorowesi belum tercukupi. Hujan pertama biasanya belum bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Warga masih butuh banyak air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Hujan juga belum rutin setiap hari, masih jarang-jarang,” kata Ketua LPBI-NU Mojokerto Saiful Anam, Ahad (11/10).

Menurutnya, pengiriman bantuan air bersih ke desa ini merupakan kerjasama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto. Namun, bantuan yang diberikan ini hanya empat truk tangki. Sehingga beberapa warga belum dapat menikmati air bersih.

Setiap warga diberikan kesempatan membawa tempat air satu atau dua dalam bentuk galon dan ember. Dibatasi agar semua mendapat kan bagian air bersih. Pembagian air berjalan dengan ramai, tertib dan kekeluargaan.

“Memang tidak semua warga bisa tercukupi kebutuhan air bersihnya, setidaknya sedikit dahaga mereka bisa terlepas dari ujung tenggoroan,” tambahnya.

Saiful menyebutkan, pihaknya dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga bertekat mengirim air bersih lagi jika banyak masyarakat membutuhkan atau hujan tidak kunjung turun. LPBINU juga berusaha mencari solusi permanen agar kelangkaan air tak terulang setiap tahunnya.

“Dan hari-hari kedepan jika masyarakat masih membutuhkan, Insya Allah kami siap mendistribusikan air bersih lagi. Semoga kedepan ada solusi permanen dalam masalah kekeringan ini,” pungkas Saiful.

Reporter : oji 

Editor : Abdurrahman

  • Whatsapp

Index Berita