Kanwil DJPb Gorontalo Beri Penghargaan Treasury Award Kepada Instansi Vertikal dan OPD

INDONESIASATU.CO.ID:

GORONTALO - Kamis (26/7) bertempat di Aula “ Mohuyula”, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menyelenggarakan acara Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah Serta Penganugerahan Treasury Awards Tahun 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Walikota dan Bupati Lingkup Provinsi Gorontalo, Pimpinan Jajaran Muspida, Sekretaris Daerah, Kepala BKAD, BKD dan BKPD se-Provinsi Gorontalo, Para Kepala Kantor Wilayah/Kasatker Instansi Vertikal dan OPD lingkup Provinsi Gorontalo.
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra, dalam acara tersebut menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN, setiap triwulan kami telah melaksanakan penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dari seluruh satuan kerja vertikal maupun SKPD. Penilaian menggunakan dua belas Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang mencerminkan kepatuhan terhadap regulasi, kesesuaian dengan perencanaan, efiensi dan efektivitas pelaksanaan anggaran. Penilaian kualitas pelaksanaan anggaran tidak hanya berdasarkan jumlah realisasi anggaran saja, namun juga menilai indikator-indikator lain seperti kepatuhan penyampaian data kontrak, penyelesaian tagihan, jumlah revisi, kepatuhan penyampaian LPJ Bendahara, tingkat deviasi Halaman III DIPA, perencanaan kas serta pagu minus. Melalui penilaian 12 Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran, maka diharapkan dapat menilai kinerja pelaksanaan anggaran lebih komprehensif.

Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah Serta Penganugerahan Treasury Awards, dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim. Dalam sambutannya, Idris Rahim, menyampaikan bahwa alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2018 untuk seluruh wilayah Provinsi Gorontalo adalah sebesar Rp.6,55 triliun. Jumlah ini meningkat sebesar 5,85% dari alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun 2017 yang berjumlah Rp. 6,18 triliun. Mengingat besarnya dana APBN yang digunakan dan dikelola daerah serta besarnya perhatian Pemerintah Pusat kepada daerah, maka Pemerintah Daerah harus menggunakan anggaran tersebut dengan patut dan tepat. Selain itu, Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa penghargaan terhadap kinerja instansi pemerintah baik pusat maupun daerah seperti Treasury Awards ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kualitas pengelolaan keuangan serta kualitas pelaporan pertanggungjawaban keuangan negara di masa yang akan datang.

Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah Serta Penganugerahan Treasury Awards, juga diisi pemaparan materi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Supriyadi,  dengan tema “ Pengawasan Tata Kelola Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah”.

Penyelenggaraan Treasury Awards ini telah memasuki tahun kesembilan. Untuk tahun ini Treasury Award terdiri dari dua belas kategori yaitu:
1. Kategori Satuan Kerja Vertikal dengan IKPA Terbaik Satker Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo
2. Kategori Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran Terbaik Satker Pengadilan Agama Limboto
3. Kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Tingkat Wilayah Terbaik Satker Pengadilan Tinggi Gorontalo
4. Kategori Satuan Kerja Dekonsentrasi Terbaik Satker Dinas Pangan Provinsi Gorontalo
5. Kategori Satuan Kerja Tugas Pembantuan dan/atau Urusan Bersama Terbaik Satker Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Boalemo
6. Kategori Satuan Kerja Penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Terbaik Satker Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan kelas I Gorontalo
7. Kategori Pemerintah Daerah dengan Implementasi SIKP Terbaik Satker Pemerintah Kabupaten Bone Bolango
8. Kategori Pemerintah Daerah dengan Fiskal Regional Terbaik Satker Pemerintah Provinsi Gorontalo
9. Kategori Pemerintah Daerah dengan Pelaporan Keuangan Terbaik Satker Pemerintah Kota Gorontalo
10. Kategori Pemerintah Daerah Pengelola Dana Desa Terbaik Satker Pemerintah Kabupaten Gorontalo
11. Kategori Pemerintah Daerah Pengelola DAK Fisik Terbaik Satker Pemerintah Kabupaten Pohuwato
12. Penghargaan Khusus Mitra Kerja Mengawal APBN Membangun Negeri kepada TVRI Gorontalo dan Gorontalo Post.

  • Whatsapp

Index Berita