Jelang Pilwalkot Tegal 27 Juni, Hadirnya Sinergitas TNI-Polri Kuatkan Rasa Aman

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. TNI - Polri memiliki tugas pokok masing masing, namun dengan adanya sinergitas antara TNI dan Polri ini mereka dapat saling mengisi kekurangan kedua alat negara tersebut dalam melindungi dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Melalui kebersamaan yang sudah terbangun, sebuah wilayah akan tercipta rasa nyaman dan aman, sehingga masyarakatnya dapat menjalankan kegiatannya dengan penuh suka cita. Sinergitas dan soliditas itu pula yang nampak terlihat dengan baik antara Kodim 0712/Tegal dengan Polres Tegal Kota. Kedua komandannya Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos dan Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto, SIK dalam rangka pemantauan langsung rangkaian Kampanye Pilwalkot Tegal dengan duduk bersama dipinggir jalan. Sementara dibeberapa sudut lapangan tempat berlangsungnya kampanye, beberapa personel gabungan TNI AD, AL dan Polisi saling berdiskusi kecil sambil sesekali bercanda.

Sinergitas dan soliditas itu idealnya harus senantiasa terjaga dalam rangka mengawal dan mempertahankan NKRI secara nasional serta khususnya menjaga keamanan kota Tegal selama kampanye berlangsung yang akan berakhir hari Sabtu, 23 Juni. Sedangkan tanggal 24, 25 dan 26 merupakan hari tenang menuju tanggal 27 Juni sebagai hari pemilihan walikota dan wakil walikota Tegal.

“ Kita semua harus melakukan koordinasi untuk tercapainya situasi yang kondusif. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak kepolisian juga sudah mengkomunikasikan dengan pihak Tim Sukses Paslon untuk diberi pengarahan agar dalam pelaksanaan bisa berjalan denegan tertib,” Ujar Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos yang diamini Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto, SIK kepada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, Rabu (20/6) disela-sela pantauannya.

“ Semua elemen harus ikut serta menjaga untuk terciptanya kondusifitas kota. Kita harus saling mendukung membangun situasi aman dan terkendali dan TNI dalam hal ini mendukung pihak Kepolisian demi lancarnya kegiatan yang sedang berjalan,” Pungkas Dandim 0712/Tegal.

Hubungan sinergitas TNI – Polri setidaknya membanggakan meski esensi tugas kedua alat negara itu sangat berbeda karakter implementatifinya dalam konteks hubungan dengan masyarakat. Seperti misalkan tugas TNI bergerak dalam wilayah mengamankan konsistensi atau eksistensi negara agar tetap kokoh berdiri dalam berbagai ancaman keamanan dan juga mengamankan negeri dari berbagai hambatan, tantangan, gangguan dan ancaman. Sedangkan Kepolisian tugas keamanannya berbeda, yakni keamanan dalam rangka melindungi masyarakat, menertibkan masyarakat supaya aman. Namun kehadiran hubungan sinergitas itu setidaknya menciptakan rasa nyaman pada masyarakat dalam keberlangsungan kegiatannya khususnya menghadapi situasi politis.

(Anis Yahya / Foto Oleh : Raymond)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita