Desa Terlangu Brebes Dijadikan Pelopor Kampung Lalu Lintas

INDONESIASATU.CO.ID:

JATENG - Dibentuknya Kampung Lalu Lintas oleh pihak Kepolisian Resor Brebes merupakan respon dari masih tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Disebutkan, terjadinya peningkatan angka kecelakaan dapat dilihat dalam tahun terakhir seperti dari tahun 2016 ke tahun 2017.

Terdapat 521 kasus kecelakaan yang mengakibatkan 163 korban tewas dan 568 luka-luka terjadi pada kurun tahun 2016. Angka itu mengalami kenaikan pada tahun 2017 dengan jumlah 566 kasus kecelakaan dengan menelan korban meninggal sejumlah 189 orang dan 684 orang terluka.

" Dengan demikian jumlah kejadian dan fatalitas korban tahun 2016 dibandngkan tahun 2017 mengalami peningkatan," Ujar Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH, SIK, MSi saat meresmikan pembentukan Kampung Lalu Lintas di desa Terlangu, kecamatan Brebes, kabupaten Brebes yang dilansir bagian penerangan distrik militer 0713/Brebes melalui grup WhatsApp, TEAM WEBSITE  0713/Brebes Jumat (18/5).

Menurutnya dengan masih tingginya angka kecelakaan diwilayah hukumnya tersebut, melatar belakangi dibentuknya Kampung Lalu Lintas. Program Kampung Lalu Lintas tersebut diharapkan agar masyarakat dapat lebih memahami dan mengetahui tentang rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas.

" Sehingga akan terwujud Kamseltibcarlantas," Kata Kapolres Brebes. Dikatakan bahwa Kampung Lalu Lintas di desa Terlangu, merupakan inovasi pertama di Brebes bahkan di Jawa Tengah.

" Desa Terlangu dipilih karena responnya bagus dan masyarakatnya selalu mengedepankan tertib berlalu lintas. Hal ini untuk lebih mengedukasi masyarakat dari tingkat desa, bahkan hingga RT dan RW bisa langsung mendapat pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas. Satlantas Polres Brebes sudah memasang beberapa rambu lalu lintas dan papan peringatan, " Pungkas Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH, SIK, MSi diacara yang dihadiri Kepala Jasa Raharja Cabang Tegal, Direktur Rumah Sakit Bhakti Asih serta forkompincam Brebes serta warga masyarakat Kampung Lalu Lintas Desa Terlangu, kecamatan Brebes, kabupaten Brebes.

Senada dengan Kapolres Brebes, Komandan Rayon Militer Brebes Kapt. Inf Nurhadi juga mengapresiasi adanya Kampung Lalu Lintas karena menurutnya, hal itu akan menjadi contoh perilaku pengendara untuk tertib berlalu lintas serta mentaati peraturan lalu lintas.

“ Dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar. Maka dapat terhindar dari kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban,” Demikian Danramil Brebes, Kapt. Inf Nurhadi menyampaikan pada saat penyerahan rompi. ( Anis Yahya )

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita